A. Visi Jurusan Keperawatan

“Sebagai Pusat Pendidikan Keperawatan yang Bermoral, Profesional dan Unggul”Berdasarkan visi tersebut, kata Bermoral, Profesional dan Unggul

masing-masing mengandung makna/nilai sebagai berikut :
  1. Pendidikan Keperawatan
    Bermakna Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin menyelenggarakan pembelajaran Keperawatan Vokasi dan Profesi bagi masyarakat.
  2. Bermoral
    Bermakna pengelolaan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin sesuai dengan norma profesi, organisasi, agama dan budaya.
  3. Profesional
    Bermakna pengelolaan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dengan mengembangkan nilai Caring, Holisme, Humanisme dan bekerja berdasarkan Standar Profesi dan Tersertifikasi dengan baik berorientasi kepada civitas academica, mitra kerja dan masyarakat.
  4. Unggul
    Bermakna Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin menjadi institusi terkemuka, menjadi rujukan pendidikan keperawatan yang bertaraf nasional dan internasional.
 
B. Misi Jurusan Keperawatan
  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang bermoral, profesional dan unggul;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pelatihan yang unggul untuk meningkatkan mutu pendidikan Keperawatan;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Keperawatan berdasarkan keilmuan, hasil penelitian dan berorientasi kepada kebutuhan masyarakat yang berfokus pada daerah binaan;
  4. Membangun civitas academica berdasarkan budaya organisasi;
  5. Memperkuat sistem manajemen pendidikan yang profesional dan akuntabel;
  6. Membangun jejaring kerjasama lintas program dan sektor, baik nasional maupun internasional.

C. Tujuan Strategis Jurusan Keperawatan
  1. Terbentuknya mahasiswa bermoral, profesional, dan unggul → Pelanggan
  2. Meningkatnya jumlah dan jenis kerjasama/kemitraan dengan institusi lain→ Pelanggan
  3. Terselenggaranya Proses Belajar Mengajar (PBM) yang sesuai standar →Proses Bisnis Internal
  4. Meningkatnya kinerja pegawai peningkatan kesejahteraan pegawai → Proses Bisnis Internal
  5. Terciptanya budaya penelitian di kalangan dosen →Pertumbuhan dan Pembelajaran
  6. Terciptanya budaya pengabdian kepada masyarakat di kalangan dosen yang berfokus di daerah binaan → Pertumbuhan dan Pembelajaran
  7. Meningkatnya kualitas SDM tendik (PJ) yang kompeten, profesional dan akuntabel → Pertumbuhan dan Pembelajaran
  8. Terwujudnya SDM Dosen & non dosen yang kompeten dan professional → Pertumbuhan dan Pembelajaran
  9. Meningkatnya pendayagunaan sarana prasarana pendidikan → Pertumbuhan dan Pembelajaran
  10. Terpenuhinya dosen tamu dan penguji dari Institusi pendidikan lain → Pertumbuhan dan Pembelajaran
  11. Terselenggaranya tata kelola manajemen pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan → Keuangan
  12. Terwujudnya pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel → Keuangan
D. Sasaran Strategis Jurusan Keperawatan
  1. Membangun dan mengembangkan system informasi manajemen untuk meningkatkan pelayanan seperti membangun informasi jejaring alumni, membangun informasi jejaring pasar tenaga kerja baik dalam maupun luar negeri, membangu jejaring dengna sesame poltekkes se Indonesia untuk pengembangan kelanjutan pendidikan
  2. Optimalisasi sumber daya yang dimiliki baik SMD dengan pelatihan dan sertifikasi maupun sumber daya alat dengan pemuktahairan dan melengkapi pengadaan sarana-prasarana pendikakan khususnya untuk pencapaian kompetensi mahasiswa dan pelayanan di masyarakat
  3. Pengembangan pasar dengan rencana mengembang Prodi Pendidikan Profesi (Ners) dan Prodi Pendidikan Alih Jenjang
  4. Pengembangan pelayanan/produk dengan membuka pelayanan klinik komplementer dan home care bsik untuk keperluan praktik mahasiswa maupun untuk pelayanan ke masyarakat
  5. Penetrasi pasar ; dengan sosialisasi ke daerah-daerah, Sekolah Menengah Atas untuk merekrut calon mahasiswa dan institusi-isntitusi yang tenaga perawat-perawatnya yang sudah bekerja dan memerlukan peningkatan pendidikan
 

DIPLOMA III KEPERAWATAN

1. Visi

“Menjadi Program Studi  Keperawatan Program Diploma Tiga yang  melaksanakan Pendidikan Keperawatan  Bermoral, Profesional dan Unggul  dalam Pelayanan Keperawatan Holistik di Tingkat Nasional dan Internasional”.

Berdasarkan  visi tersebut, kata Bermoral, Profesional dan Unggul masing-masing mengandung makna/nilai sebagai berikut :

  1. Pendidikan Keperawatan
    Bermakna Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga melaksanakan pencapaian kompetensi melalui proses penemuan jati diri bagi masyarakat dan calon tenaga perawat yang memiliki nilai Caring dan Humanisme dalam memberikan Asuhan Keperawatan dengan pendekatan komprehensif yang terintegrasi  dengan keperawatan komplementer.
  2. Bermoral
    Bermakna pengelolaan Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Poltekkes Kemenkes Banjarmasin sesuai dengan norma profesi, organisasi, agama dan budaya.
  3. Profesional
    Bermakna pengelolaan Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga Poltekkes Kemenkes Banjarmasin berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dengan mengembangkan  nilai Caring, Holisme, Humanisme dan bekerja berdasarkan standar profesi dan tersertifikasi dengan baik berorientasi kepada Civitas Academica, mitra kerja dan masyarakat.
  4. Unggul
    Memiliki  kelebihan dalam pelayanan keperawatan Holistik yaitu Asuhan Keperawatan dengan pendekatan komprehensif dan mengintegrasikan keperawatan komplementer (alternatif dan/atau tradisional)
2. Misi
  1. Menghasilkan lulusan Diploma Tiga Keperawatan yang bermoral, profesional  dengan keunggulan di bidang keperawatan Holistik memiliki  kompetensi  dalam memberikan Asuhan Keperawatan dengan pendekatan komprehensif yang terintegrasi dengan Keperawatan Komplementer;
  2. Menghasilkan penelitian   yang berorientasi pada masalah keperawatan Holistik yang komprehensif;
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Keperawatan berdasarkan keilmuan , hasil penelitian dan berorientasi kepada kebutuhan masyarakat yang  berfokus pada daerah binaan
  4. Terciptanya Civitas Academica berdasarkan budaya organisasi;
  5. Terciptanya sistem manajemen pendidikan yang profesional dan akuntabel;
  6. Terbentuknya jejaring kerjasama lintas program dan sektor baik nasional maupun internasional.
3. Tujuan Strategis
  1. Terbentuknya lulusan yang unggul → Pelanggan
  2. Terjalinnya kerjasama dengan adanya MOU dan MOA lintas program dan sektor baik nasional dan international → Pelanggan
  3. Terselenggaranya Proses Belajar Mengajar (PBM) yang sesuai standar → Proses bisnis internal
  4. Mewujudkan civitas academica berdasarkan budaya organisasi → Proses bisnis internal
  5. Terselenggaranya tata kelola manajemen pendidikan yang dapat di pertanggungjawabkan → Proses bisnis internal
  6. Terciptanya budaya penelitian di kalangan dosen dan mahasiswa → Pertumbuhan dan pembelajaran
  7. Terciptanya budaya pengabdian kepada masyarakat di kalangan dosen di daerah binaan → Pertumbuhan dan pembelajaran
  8. Terlaksananya program kerja Program Studi secara efisien → Keuangan (usulan)
3. Sasaran Strategis
  1. Membangun dan mengembangkan sistem informasi manajemen untuk meningkatkan pelayanan seperti membangun informasi jejaring alumni, membangun informasi jejaring pasar tenaga kerja baik dalam maupun luar negeri, membangun jejaring dengan sesama poltekkes se Indonesia untuk pengembangan kelanjutan pendidikan
  2. Optimalisasi sumber daya yang dimiliki baik sumber daya manusia dengan pelatihan dan sertifikasi maupun sumber daya alat dengan pemutakhiran dan melengkapi pengadaan sarana-prasarana pendidikan khususnya untuk pencapaian kompetensi mahasiswa dan pelayanan di masyarakat
  3. Pengembangan pelayanan/produk dengan membuka pelayanan klinik komplementer dan home care baik untuk keperluan praktik mahasiswa maupun untuk pelayanan ke masyarakat
  4. Penetrasi pasar ; dengan sosialisasi ke daerah-daerah, Sekolah Menengah Atas untuk merekrut calon mahasiswa dan institusi-institusi yang tenaga perawatnya yang sudah bekerja dan memerlukan peningkatan pendidikan
     
 
 
 
SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN
VISI
Menjadi Program Studi Keperawatan Yang Memperoleh Rekognisi ASEAN Dengan Pelayanan Keperawatan Kritis Terbaik Pada Tahun 2039
Memperoleh Rekognisi ASEAN
Bermakna bahwa Prodi sarjana terapan keperawatan mempunyai keunggulan dalam menghasilkan lulusan perawat dan diakui dalam lingkup regional ASEAN
Pelayanan Keperawatan Kritis Terbaik
Bermakna bahwa pengelolaan Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi dengan mengembangkan nilai Caring, Holisme, Humanisme dan bekerja berdasarkan standar profesi, tersertifikasi dengan baik berorientasi kepada sivitas akademika, mitra kerja dan masyarakat serta profesional dengan memiliki kepekaan moral dibidang pelayanan keperawatan kritis.
 

MISI

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners yang bermoral, profesional berwawasan nasional dan global, serta berjiwa enterpreuner dengan keunggulan di bidang Keperawatan Kritis.
  2. Menyelenggarakan program Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners yang yang memiliki karakter bermoral, profesional berwawasan nasional dan global, serta berjiwa enterpreuner
  3. Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada masalah keperawatan Kritis yang komprehensif;
  4. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan berdasarkan keilmuan, hasil penelitian dan berorientasi kepada kebutuhan masyarakat yang berfokus pada daerah binaan;
  5. Terciptanya sivitas akademika berdasarkan budaya organisasi
  6. Terciptanya sistem manajemen pendidikan yang profesional dan akuntabel;
  7. Terbentuknya jejaring kerjasama secara profesional dalam bidang pendidikan dan pelayanan keperawatan baik dalam lingkup nasional maupun global
TUJUAN
Tujuan penyelenggaraan Pendidikan Profesi Keperawatan/ Ners adalah:
  1. Tujuan yang harus dicapai untuk mewujudkan Misi 1 : Menghasilkan lulusan Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners dengan keunggulan di bidang Keperawatan Kritis adalah 
    a. Menghasilkan lulusan Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners dengan keunggulan di bidang Keperawatan Kritis
    b. Peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga dosen dan kependidikan melalui pendidikan berkelanjutan dalam bidang keperawatan dan pelatihan keahlian
    c. Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan keunggulan keperawatan kritis
  2. Tujuan yang harus dicapai untuk mewujudkan Misi 2 : Menyelenggarakan program Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners yang yang memiliki karakter bermoral, profesional berwawasan nasional dan global, serta berjiwa enterpreuner adalah :
    a. Memberikan pelayanan yang berkualitas dalam proses pendidikan
    b. Terlaksananya tata kelola program studi yang efektif dan efisien
  3. Tujuan yang harus dicapai untuk mewujudkan Misi 3 : Menghasilkan penelitian yang berorientasi pada masalah keperawatan Kritis yang komprehensif adalah :
    a. Terwujudnya budaya penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa
    b. Meningkatnya dan berkembangnya penelitian terapan bagi dosen dan mahasiswa dibidang keperawatan khususnya keperawatan kritis
    c. Meningkatnya publikasi hasil penelitian dalam jurnal ilmiah lokal, nasional dan internasional
  4. Tujuan yang harus dicapai untuk mewujudkan Misi 4 : Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan berdasarkan keilmuan, hasil penelitian dan berorientasi kepada kebutuhan masyarakat yang berfokus pada daerah binaan adalah :
    a. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dikalangan dosen dan mahasiswa pada daerah binaan
    b. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat melalui keperawatan
  5. Tujuan yang harus dicapai untuk mewujudkan Misi 5 : Terciptanya sivitas akademika berdasarkan budaya organisasi adalah :
    a. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang sesuai standar nasional perguruan Tinggi
    b. Mewujudkan sivitas akademika berdasarkan budaya organisasi
  6. Tujuan yang harus dicapai untuk mewujudkan Misi 6 : Terciptanya sistem manajemen pendidikan yang profesional dan akuntabel adalah :
    a. Terselenggaranya tata kelola manajemen pendidikan yang dapat dipertanggungjawabkan
  7. Tujuan yang harus dicapai untuk mewujudkan Misi 7 : Terbentuknya jejaring kerjasama secara profesional dalam bidang pendidikan dan pelayanan keperawatan baik dalam lingkup nasional maupun global adalah :
    a. Menjalin kerjasama/kemitraan dengan instansi pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi
    b. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait dalam pengembangan pendidikan dan penyerapan
 
 

Aplikasi Online