Secondary Menu

Kanker Bukan di Luar Kemampuan Kita

Jakarta, 7 Februari 2015

Menteri Kesehatan RI, diwakili Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, dr. H. Mohamad Subuh, MPPM, membuka kegiatan Seminar Awam dengan tema Kanker … Bukan di Luar Kemampuan Kita yang diselenggarakan dalam rangka Hari Kanker Sedunia 2015 yang diperingati setiap tanggal 4 Februari setiap tahunnya, dan digelar di Kantor Kemenkes RI, Jakarta, Sabtu pagi (7/2).

Mengutip data Riskesdas 2013, prevalensi kanker di Indonesia sebesar 1,4 per 1000 penduduk. Meningkatnya mortalitas dan morbiditas penyakit tidak menular termasuk kanker, di samping permasalahan penyakit menular yang belum selesai menjadikan Indonesia menghadapi beban ganda.

Beban dan masalah kanker di Indonesia memerlukan dukungan dari semua lapisan agar dapat ditanggulangi, sehingga dapat berperan dalam meningkatkan kepedulian dan kewaspadaan masyarakat tentang kanker yang dapat membawa dampak dalam menurunkan angka kesakitan, terang dr. Subuh.

Beberapa program dalam pengendalian kanker yaitu upaya promotif dengan mengeluarkan regulasi antara lain kawasan tanpa rokok (KTR), diet sehat dan kalori seimbang. Sementara itu, dalam upaya  preventif pada saat ini, Kementerian Kesehatan RI dengan dukungan profesi, LSM seperti YKI dan masyarakat telah mengembangkan program deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara di Puskesmas.

Saat ini, Jaminan Kesehatan Nasional paket manfaatnya menanggung deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, tandas dr. Subuh.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) ini dihadiri lebih kurang 150 peserta yang terdiri dari Istri Menteri Kabinet Kerja, Istri Pimpinan DPR RI, dan perwakilan organisasi wanita se-Jabodetabek.

Dalam kegiatan seminar tersebut, dibahas beberapa topik menarik, antara lain: 1) Pencegahan Kanker oleh Prof. Dr. dr. Soehartati Gondhowiardjo, Sp.Rad(K)Onk.Rad; 2) Deteksi Dini dan Skrining Kanker oleh dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)B.Onk; 3) Pengobatan Kanker oleh Dr. dr. Marlinda Adham, Sp.THT-KL(K); dan 4) Aspek Finansial dalam Pengobatan Kanker oleh Pusat Pembiayaan Jaminan Kesehatan Kemenkes RI.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline <kode lokal> 500-567; SMS 081281562620, faksimili: (021) 52921669, website www.depkes.go.id dan email kontak[at]depkes[dot]go[dot]id

Share This Post