Sejarah Poltekkes

SEJARAH INSTANSI

  1. Dasar pemikiran pendirian Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

    Meningkatnya kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi, maka kebutuhan masyarakat dibidang pelayanan kesehatan semakin meningkat. Perkembangan tersebut berhubungan dengan orientasi pelayanan kesehatan secara umum dan khusus, maka perlu disiapkan upaya-upaya antara lain melalui peningkatan kualitas SDM yang bermutu. Untuk itu diperlukan pendidikan yang profesional melalui penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan yaitu Jenjang Pendidkan Tinggi Diploma (JPT-D).

  2. Tujuan pendirian Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

    JPT-D bertujuan untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang terampil, profesional, dan bermutu dengan jumlah yang cukup dalam rangka menunjang upaya pelayanan kesehatan.

  3. Perkembangan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

    Program JPT-D Poltekkes Banjarmasin dimulai pada tahun 2001 yang merupakan gabungan dari akademi pendidikan kesehatan dibawah pembinaan dan tanggung jawab Departemen Ksehatan RI, antara lain :
    a. Akademi Kesehatan Lingkungan
    b. Akademi Keperawatan
    c. Akademi Gizi
    d. Akademi Kebidanan

    Penggabungan tersebut dari empat akademi pendidikan kesehatan mengandung konsekuensi adanya perubahan dari akademi menjadi jurusan-jurusan dibawah institusi Potekkes Kemenkes Banjarmasin. Penggabungan keempat akademi berdasarkan Surat Keputusan Menkes-Kesos Nomor: 298/Menke-Kesos/SK/IV/2001 tanggal 16 April 2001 dengan status kelembagaan dibawah tanggung jawab Dep.Kes RI.Sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat pada tahun 2005 Poltekkes Banjarmasin bertambah 2 jenis pendidikan antara lain; Jurusan Analis Kesehatan dan Jurusan Kesehatan Gigi berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: HK.03.2.4.1.04465 Tahun 2005. Pada tahun 2008 Poltekkes Banjarmasin berubah nama menjadi Poltekkes Depkes Banjarmasin berdasarkan Kepmenkes Nomor: OT.02.03/I/4/03440.1 tanggal 1 Juli 2008 yang mempunyai 6 (enam) Jurusan, antara lain : Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jurusan Keperawatan, Jurusan Gizi, Jurusan Kebidanan, Jurusan Analis Kesehatan, dan Kesehatan Gigi.