Pendaftaran TELAH dibuka!!, Harap membaca seluruh informasi yang ada pada halaman ini sebelum melakukan pendaftaran, gunakan laptop/komputer dengan Google Chrome terbaru untuk memastikan pendaftaran dengan lancar
  1. Persyaratan Umum
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Siswa kelas XII SMA/MA/SMK pada Tahun Akademik 2020/2021
    3. Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada awal Tahun Akademik 2020/2021(Permendikbud nomor 14 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2018)
    4. Persyaratan nilai pada raport minimal 70 (tujuh puluh) untuk setiap mata pelajaran sejak semester I sampai dengan semester V atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 pada semester I-V. Bila nilai skala 0.00 - 4.00, maka harus dikonversi ke skala 0-100 sesuai peraturan yang berlaku
    5. Memiliki prestasi kejuaraan selama menempuh pendidikan di tingkat SMA (bila ada). Prestasi yang dimaksud adalah prestasi sebagai juara pada kegiatan tersebut, sertifikat sebagai peserta tidak dianggap sebagai prestasi.
    6. Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak mengalami gangguan pendengaran, tidak mengalami gangguan bicara, tidak memiliki cacat fisik.
    7. Tinggi badan dengan ketentuan sebagai berikut: (verifikasi tinggi badan dilakukan pada saat uji kesehatan yang dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes Banjarmasin) :
      1. Jurusan keperawatan : Laki laki min. 155cm, Perempuan min. 150 cm
      2. Jurusan Kebidanan : min. 150 cm
      3. Jurusan Kesehatan Lingkungan, Gigi, Gizi, dan Analis Kesehatan : Laki-laki min.150cm, Perempuan : min. 145cm
  2. Persyaratan Khusus

    Persyaratan khusus untuk pendaftar pada jalur beasiswa Keluarga Miskin (gakin) :

    1. Pendaftar yang sekolah di wilayah Kalimantan Selatan
    2. Pendaftar yang tinggal dan ber KTP Kalimantan Selatan
    3. Penghasilan orang tua maksimal Rp. 3.000.000,- / bulan
    4. Tempat tinggal menetap/permanen.

Kelengkapan dokumen adalah dokumen yang harus dipersiapkan dalam bentuk softcopy/scan untuk di upload pada aplikasi sipenmaru:

  1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) ibu kandung
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. Bukti Pembayaran Pendaftaran (struk/slip setoran)
  6. Rapor semester I sampai semester V
  7. Surat pernyataan Kepala Sekolah untuk konversi nilai raport yang menggunakan skala 0.00 – 4.00 ke dalam bentuk angka / nilai dengan skala 0-100 (kurikulum 2013)
  8. Sertifikat/piagam kejuaraan yang diperoleh saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA/Sederajat
  9. Surat Pernyataan Kepala sekolah tentang nilai rapor dan prestasi yang di dapat saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA/Sederajat --> Download disini Lihat Petunjuk Pengisian
  10. Sertifikat akreditasi sekolah berwarna atau copy yang sudah dilegalisir oleh Badan Akreditasi Sekolah/ Madrasah
  11. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah
  12. Surat pernyataan yang di tanda tangani peserta diatas materai 10.000 dan diketahui orang tua/wali --> Download disini

  13. Khusus pendaftar pada jalur beasiswa Keluarga Miskin (gakin), persyaratan diatas ditambah dengan :

    1. Surat Keterangan tidak mampu dari sekolah .
    2. Surat Keterangan tidak mampu dari RT dan kelurahan.
    3. Foto copy Kartu Keluarga yang telah dilegalisir oleh RT / Kelurahan / Kecamatan.
    4. Foto copy KTP orang tua yang telah dilegalisir oleh RT / Kelurahan / Kecamatan.
No KEGIATAN  JADWAL
1  Pendaftaran  18 Januari - 30 Maret
2  Penilaian dan Pemeringkatan Portofolio  1 - 12 April
3  Pengumuman Hasil Nominasi  13 April
4  Uji Kesehatan  19 - 30 April
5  Pengumuman Hasil Akhir (Tahap II)  6 Mei
6  Registrasi dan Pemberkasan  20 - 31 Mei
7  PKKMB dan Bela Negara  5 - 9 Juli
8  Perkuliahan  12 Juli
Jadwal bersifat tentativ, harap selalui memantau perubahan melalui halaman ini
Jurusan Kesehatan Lingkungan
  • D.III Sanitasi
  • Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan 
Jurusan Keperawatan
  • D.III Keperawatan
Jurusan Kebidanan
  • D.III Kebidanan
Jurusan Gizi
  • D.III Gizi
  • Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika 
Jurusan Keperawatan Gigi
  • D.III Kesehatan Gigi
  • Sarjana Terapan Terapi Gigi 
Jurusan Analis Kesehatan
  • D.III Teknologi Laboratorium Medis
  • Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
Biaya sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 64 tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang Berlaku pada Kementerian Kesehatan

Biaya Pendaftaran

  • Satu pilihan Prodi: Rp.100.000,-
  • Dua pilihan Prodi: Rp.125.000,-

  • No Virtual Acount pendaftaran PMDP Poltekkes Banjarmasin terdiri dari 8 digit angka (contoh : 38192809, 66850212 ), Atas nama : Pendaftaran PMDP

    Cara Pembayaran

    • Cara Pembayaran via ATM Mandiri
      1. Silahkan pilih menu BAYAR/BELI
      2. Masukkan kode perusahaan/institusi : 10242
      3. Masukkan No VA
      4. Tekan tombol BENAR
      5. Layar menampilkan rincian tagihan, kemudian tekan ”1” jika telah sesuai.
      6. Tekan YA untuk melakukan pembayaran
      7. Secara otomatis resi ATM akan tercetak dan agar disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah.

    • via Mandiri Online
      1. Akses ke website Bank Mandiri : www.bankmandiri.co.id Atau download aplikasi mandiri online dari Playstore/Appstore
      2. Pada halaman kanan atas pilih link Mandiri Online, kemudian klik Login.
      3. Masukkan User dan PIN kemudian klik Masuk
      4. Pada menu utama, Pilih menu PEMBAYARAN kemudian pilih menu PENDIDIKAN.
      5. Pilih rekening pembayaran, kemudian pilih penyedia jasa POLTEKKES BANJARMASIN (10242)
      6. Masukkan No VA
      7. klik lanjutkan, layar akan menampilkan rincian tagihan, kemudian pilih LANJUTKAN
      8. Masukkan Challenge Number yang diperoleh dari SMS OTP di HP ke Token, Kemudian Respon Number yang diperoleh dimasukkan ke Mandiri Online dan tekan KIRIM (Atau MPIN jika menggunakan mandiri online app )
      9. Hasil transaksi dapat disimpan dan dicetak sebagai bukti pembayaran yang sah.

    • Cara Pembayaran via Kantor Cabang Mandiri
      1. Datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat, infokan ke petugas bahwa akan melakukan pembayaran POLTEKKES BANJARMASIN – 10242
      2. Nasabah mengisi form Multi Payment dengan lengkap sbb :
        • Nama Perusahaan Penyedia : Poltekkes Banjarmasin
        • No. VA : isi dengan No VA
        • Penyetor : Nama Customer
        • Alamat : Alamat Customer
        • Tujuan Transaksi : Pembayaran SPP
        • Jumlah dan Terbilang : Sesuai tagihan
      3. Pembayaran dapat menggunakan Uang Tunai atau Cek Mandiri
      4. Sebagai Bukti pembayaran, Nasabah menerima slip dan advis yang telah di validasi
      5. Membayar sesuai dengan nominal Biaya Pendaftaran
      6. Simpan Bukti Pembayaran