Politeknik Kesehatan Banjarmasin menggelar seminar internasional bertajuk "All About COVID 19 Issues in Asian Countries Perspectives : Clinical, Communities, and College" pada 19 Agustus 2021 secara daring.

Kegiatan ini menghadirkan Kepala Pusdik Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Dr. Sugiyanto, S.Pd, M.App.Sc sebagai keynote speaker. Dalam paparannya, beliau menyebutkan bahwa isu mengenai COVID 19 terbagi atas 3 perspektif yaitu komunitas, Klinis, dan Perguruan Tinggi.
"Secara global, ada 207.784.507 kasus terkonfirmasi COVID-19, termasuk 4.370.424 kematian, yang dilaporkan ke WHO. Per 16 Agustus 2021, total 4.462.336.040 dosis vaksin telah diberikan".

Dalam seminar tersebut juga akan mengundang sejumlah pembicara dari kalangan akademisi baik dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa diantaranya Tuyen Van Doung, PhD, BNSc, MNSc dari Taipei Medical University, Dr. Meilla Dwi Andrestian, M.Si dari Poltekkes Kesehatan Banjarmasin, Elizabeth Coronel Baua, RN, RM, MSN, DNS dari St. Paul University Science of Philippines, Dr. Meitria Syahaditina Noor, dr., M.Kes dari Universitas Lambung Mangkurat.

"Seminar ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kerjasama dan jejaring dengan perguruan tinggi luar negeri", kata Direktur Poltekkes Kesehatan
Banjarmasin, Dr. H. Mahpolah, M.Kes.

Menurutnya, Seminar Internasional ini juga merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama (MoU) yang telah di tandatangani oleh pihak Poltekkes Banjarmasin dengan pihak Universitas di Luar Negeri.

Beliau juga mengharapkan agar kegiatan seminar internasional ini dapat mengedukasi partisipan khususnya bagaimana kita dapat bersikap dan berbuat utamanya dalam masa pandemi.

Dalam sambutannya, Dr Sugiyanto juga mengaharapkan agar semua dapat berpartisipasi dalam menghadapi pandemi COVID-19, "Saya mengharapkan partisipasi semua pihak untuk menjadi panutan bagi masyarakat dalam penanganan pandemi covid-19, dan mendukung penerapan gaya hidup normal baru. Termasuk Pakai  masker Jaga jarak fisik dan hindari keramaian Cuci tangan pakai sabun secara teratur (Cuci tangan pakai sabun = CTPS) Pola makan sehat dan gizi seimbang .Lakukan olahraga fisik secara rutin minimal 30 menit per hari dan eningkatan literasi kesehatan"

Artikel Terkait

Aplikasi Online

Bergabung bersama kami dalam English Club UNIT PENGEMBANGAN BAHASA Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Info Pendaftaran

0812-5119-6888