Dalam Rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019. Poltekkes Kemenkes Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Seminar Anti Tembakau dengan tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul” yang diadakan di Aula Poltekkes Kemenkes Banjarmasin pada hari Rabu, 13 November 2019.

Seminar dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Dr. H. Muhamad Muslim, S.Pd., M.Kes. Seminar di hadiri 300 peserta yang bekerjasama dengan PATELKI, IBI, PPNI dan IDI. Dalam Sambutannya Kepala DINKES Provinsi Kalimantan Selatan berharap peranan organisasi Profesi Kesehatan seperti IDI, IBI, PPNI dan PATELKI, serta Organisasi Masyarakat seperti PKK, Dharma Wanita dan Organisasi Masyarakat lainnya dapat bersama-sama memberikan Edukasi Masyarakat agar waspada terhadap bahaya asap rokok bagi kesehatan dan generasi penerus bangsa khususnya Masyarakat Kalimantan Selatan.

Pada waktu yang bersamaan selain mengadakan Seminar Anti Tembakau, Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan Pemeriksaan Penyaring Penyakit Tidak Menular untuk Parameter Gula Darah Sewaktu dan Cholesterol Total secara GRATIS oleh Mahasiswa Jurusan Teknologi Laboratorium Medik di bawah pengawasan langsung Team Dosen dan Praktisi Lapangan (OP PATELKI) yang bertempat di halaman Aula 2 Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.

Selain kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis juga dilakukan pengukuran lingkar perut, tinggi badan dan tekanan darah oleh mahasiswa Jurusan Keperawatan dibawah pengawasan Tim Dosen. Pemeriksaan Kesehatan Gratis yang diadakan ini sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Civitas Poltekkes Kemenkes Banjarmasin agar masyarakat menyadari pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan manfaat dapat mencegah terjadinya penyakit degeneratif serta mendeteksi lebih dini penyakit degeneratif maupun pengobatannya. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pemeriksaan Kesehatan Gratis ini pun sejalan dengan anjuran pemerintah yang tertuang dalam “GERMAS” Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebagai aksi pencegahan untuk memperoleh gaya hidup sehat bagi masyarakat Indonesia.

Selamat Hari Kesehatan Nasional ke-55
Salam Sehat, Sehat Indonesia.

Artikel Terkait

Aplikasi Online