fShare
14
Banjarbaru, 28-29 November 2019. Poltekkes Kemenkes Banjarmasin dalam Sub Bagian Kemahasiswaan mengadakan Workshop Pedoman Penilaian Kegiatan Ektrakurikuler Mahasiswa dan Bimbingan Akademik Tata Kehidupan Kampus dan Organisasi, diadakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 28-29 November 2019 dengan Narasumber yang berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat yaitu Dr. Ririanti Rachmayanie, S.Psi., M.Pd dan Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd. Kegiatan dihadiri oleh Ketua Jurusan, Penanggung Jawab Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Akademik dalam tiap Jurusan yang berada di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin. 
 
Acara dibuka dengan arahan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Bapak Dr. H. Mahpolah, M.Kes. Beliau menyampaikan bahwa dalam melakukan Penilaian Kegiatan Ektrakurikuler Mahasiswa dan Bimbingan Akademik sangat penting bagi mahasiswa sejak awal perkuliahaan dimulai. Dimana Dosen Pembimbing Akademik berperan penting dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa yaitu dengan mendorong mahasiswa agar bersemangat melakukan segala bentuk kegiatan yang dapat mendukung prestasi mahasiswa, baik kegiatan keagamaan, kegiatan yang mendukung proses belajar mengajar, maupun kegiatan sosial kemasyarakatan dan kewirausahaan serta mencegah mahasiswa untuk tidak melakukan perbuatan atau hal-hal yang dapat menyebabkan pada buruknya prestasi mahasiswa.
 
Materi pada hari pertama dengan Narasumber Ibu Dr. Nina Permata Sari, S.Psi., M.Pd. yangmembahas tentang peranan dan fungsi Dosen Pembimbing Akademik yang merupakan pengontrol, monitoring dan evaluasi akademik mahasiswa. Sebelum beliau menyampaikan materi peserta diajak untuk Senam Otak dengan meningkatkan keseimbangan otak kiri dan otak kanan. Kemudian dilanjutkan dengan paparan materi dan mempraktekkan bagaimana cara-cara menghadapi atau mengatasi mahasiswa dengan karakter yang berbeda-beda sehingga dapat mengatasi kesulitan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. 
IMG 1428 min
Materi pada hari ke-dua diisi dengan Perencanaan, Pengelolaan dan Evaluasi serta Perhitungan Angka Kredit Kegiatan Ektrakurikuler dengan Narasumber Ibu Dr. Ririanti Rachmayanie, S.Psi., M.Pd. Peserta workshop di ajak untuk mengkaji apa saja poin-poin atau kriteria penilaian dalam Ektrakurikuler bagi mahasiswa yang nantinya dapat tertuang dalam Surat Keterangan Pendamping Ijasah (SKPI). Dimana SKPI berisi pencapaian akademik dan capaian pembelajaran serta kualifikasi lulusan pendidikan tinggi denganaktivitas mahasiswa selama perkuliahan. Hal ini termasuk pada kegiatan seminar dan workshop yang diikuti, prestasi yang pernah diraih, serta kegiatan lain yang berkaitan dengan akademik, maupun pengembangan karakter dan keprofesian. 
 
Rencana Tindak Lanjut dalam Workshop ini yaitu di dapatkan Buku Pedoman Penilaian kegiatan Ektrakurikuler yang dapat digunakan pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin.
Mari kita bersama bekerja Profesional, Unggul dan Bermoral
Demi Kemajuan dan Jayanya Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Artikel Terkait

Aplikasi Online