Pendaftaran telah ditutup
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SIMAMI (Seleksi Mahasiswa Mandiri) TA 2021/2022.Jika anda mengalami kendala dalam proses pendaftaran dapat menghubungi kontak panitia dibawah, atau dapat bergabung bersama peserta pendaftaran lain di Group Telegram >>Join Group Telegram
  1. Persyaratan Umum
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Lulus pendidikan
      1. SMU/SMA/MA atau sederajat
      2. SMK/MAK dengan jurusan yang sesuai dengan pilihan program studi yang diinginkan
      3. Paket C
      4. Diploma III khusus bagi pendaftar Alih Jenjang
    3. Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada awal Tahun Akademik 2020/2021 (Permendikbud nomor 14 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2018), kecuali ) ,peserta Tugas Belajar dan Izin Belajar dapat menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku untuk program tersebut
    4. Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak mengalami gangguan pendengaran, tidak mengalami gangguan bicara, tidak memiliki cacat fisik
    5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Poltekkes dan tidak mengganggu aktivitas kinerja sesuai profesinya
    6. Tinggi badan dengan ketentuan sebagai berikut: (verifikasi tinggi badan dilakukan pada saat uji kesehatan yang dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes Banjarmasin) :
      1. Jurusan keperawatan : Laki laki min. 155cm, Perempuan min. 150 cm
      2. Jurusan Kebidanan : min. 150 cm
      3. Jurusan Kesehatan Lingkungan, Gigi, Gizi, dan Analis Kesehatan : Laki-laki min.150cm, Perempuan : min. 145cm
  2. Persyaratan Khusus
    1. Persyaratan khusus untuk pendaftar pada jalur beasiswa Keluarga Miskin (gakin) :
      1. Pendaftar yang sekolah di wilayah Kalimantan Selatan
      2. Pendaftar yang tinggal dan ber KTP Kalimantan Selatan
      3. Penghasilan orang tua maksimal Rp. 3.000.000,- / bulan
      4. Tempat tinggal menetap/permanen.
    2. Persyaratan khusus untuk pendaftar pada jalur Alih Jenjang Tugas Belajar/Izin Belajar:
      1. Surat Keterangan/rekomendasi Tugas Belajar/Izin Belajar dari atasan
      2. Pendaftar Izin Belajar maksmimal berjarak 60 Km dari Banjarbaru

Kelengkapan dokumen adalah dokumen yang harus dipersiapkan dalam bentuk softcopy/scan untuk di upload pada aplikasi sipenmaru:

  1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) ibu kandung
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. Bukti Pembayaran Pendaftaran (struk/slip setoran)
  6. Ijazah / Surat Keterangan Lulus dari Sekolah

Kelengkapan dokumen adalah dokumen yang harus dipersiapkan dalam bentuk softcopy/scan untuk di upload pada aplikasi sipenmaru:

  1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) ibu kandung
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. Bukti Pembayaran Pendaftaran (struk/slip setoran)
  6. Ijazah / Surat Keterangan Lulus dari Sekolah
  7. Surat Keterangan tidak mampu dari sekolah
  8. Surat Keterangan tidak mampu dari RT dan kelurahan
  9. Foto copy Kartu Keluarga yang telah dilegalisir oleh RT / Kelurahan / Kecamatan
  10. Foto copy KTP orang tua yang telah dilegalisir oleh RT / Kelurahan / Kecamatan

Kelengkapan dokumen adalah dokumen yang harus dipersiapkan dalam bentuk softcopy/scan untuk di upload pada aplikasi sipenmaru:

  1. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) ibu kandung
  4. Kartu Keluarga (KK)
  5. Bukti Pembayaran Pendaftaran (struk/slip setoran)
  6. Ijazah dan Transkrip Diploma III yang linier dengan program studi yang dituju
  7. Pendaftar alih jenjang dengan Tugas Belajar/Izin Belajar wajib melampirkan Surat Keterangan dari Atasan pada saat mendaftar
NoKEGIATAN JADWAL
1 Pendaftaran 12 Mei - 10 Juni 2021
1 CBT/PF/Verifikasi 14 Juni - 16 Juni 2021
2 Pengumuman Hasil Nominasi 17 Juni 2021
3 Uji Kesehatan 21 - 23 Juni 2021
4 Pengumuman Akhir 28 Juni 2021
6 Registrasi dan Pemberkasan 29 Juni - 02 Juli 2021
6 PKKMB / Bela Negara 05 - 09 Juli 2021
6 Perkuliahan 12 Juli 2021
Jurusan Kesehatan Lingkungan
  • D.III Sanitasi
  • Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan 
Jurusan Keperawatan
  • D.III Keperawatan
Jurusan Kebidanan
  • D.III Kebidanan
Jurusan Gizi
  • D.III Gizi
  • Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika 
Jurusan Keperawatan Gigi
  • D.III Kesehatan Gigi
  • Sarjana Terapan Terapi Gigi 
Jurusan Analis Kesehatan
  • D.III Teknologi Laboratorium Medis
  • Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
No.  JURUSAN / PRODI  KUALIFIKASI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
1 Jurusan Analis Kesehatan
 
  • Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
  • D3 Teknologi Laboratorium Medis
2
Jurusan Gizi
 
  • Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
  • D3 Gizi
3 Jurusan Keperawatan Gigi
 
  • Sarjana Terapan Terapi Gigi
  • D3 Kesehatan Gigi
Biaya sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 64 tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang Berlaku pada Kementerian Kesehatan

Biaya Pendaftaran

  • Satu pilihan Prodi: Rp.100.000,-
  • Dua pilihan Prodi: Rp.125.000,-

No Virtual Acount pendaftaran Poltekkes Banjarmasin terdiri dari 8 digit angka (contoh : 38192809, 66850212 ), Atas nama : Nama Peserta

Cara Pembayaran

    • Cara Pembayaran via ATM Mandiri
      1. Silahkan pilih menu BAYAR/BELI
      2. Masukkan kode perusahaan/institusi : 10242
      3. Masukkan No VA
      4. Tekan tombol BENAR
      5. Layar menampilkan rincian tagihan, kemudian tekan ”1” jika telah sesuai.
      6. Tekan YA untuk melakukan pembayaran
      7. Secara otomatis resi ATM akan tercetak dan agar disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah.

    • via Mandiri Online
      1. Akses ke website Bank Mandiri : www.bankmandiri.co.id Atau download aplikasi mandiri online dari Playstore/Appstore
      2. Pada halaman kanan atas pilih link Mandiri Online, kemudian klik Login.
      3. Masukkan User dan PIN kemudian klik Masuk
      4. Pada menu utama, Pilih menu PEMBAYARAN kemudian pilih menu PENDIDIKAN.
      5. Pilih rekening pembayaran, kemudian pilih penyedia jasa POLTEKKES BANJARMASIN (10242)
      6. Masukkan No VA
      7. klik lanjutkan, layar akan menampilkan rincian tagihan, kemudian pilih LANJUTKAN
      8. Masukkan Challenge Number yang diperoleh dari SMS OTP di HP ke Token, Kemudian Respon Number yang diperoleh dimasukkan ke Mandiri Online dan tekan KIRIM (Atau MPIN jika menggunakan mandiri online app )
      9. Hasil transaksi dapat disimpan dan dicetak sebagai bukti pembayaran yang sah.

  • Cara Pembayaran via Kantor Cabang Mandiri
    1. Datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat, infokan ke petugas bahwa akan melakukan pembayaran POLTEKKES BANJARMASIN – 10242
    2. Nasabah mengisi form Multi Payment dengan lengkap sbb :
      • Nama Perusahaan Penyedia : Poltekkes Banjarmasin
      • No. VA : isi dengan No VA
      • Penyetor : Nama Customer
      • Alamat : Alamat Customer
      • Tujuan Transaksi : Pembayaran SPP
      • Jumlah dan Terbilang : Sesuai tagihan
    3. Pembayaran dapat menggunakan Uang Tunai atau Cek Mandiri
    4. Sebagai Bukti pembayaran, Nasabah menerima slip dan advis yang telah di validasi
    5. Membayar sesuai dengan nominal Biaya Pendaftaran
    6. Simpan Bukti Pembayaran

SIPENMARU Jalur PMDP T.A 2021/2022

 

Laporkan segala bentuk tindak penipuan yang mengatasnamakan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Banjarmasin!! Kami tidak menarik biaya selain yang diumumkan melalui website ini.