Pendaftaran segera dibuka!!
Harap membaca seluruh informasi yang ada pada
halaman ini sebelum melakukan pendaftaran
- Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia
- Siswa kelas XII SMA/MA/Jurusan Lain
- Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada awal Tahun Akademik 2020/2021(Permendikbud nomor 14 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2018)
- Persyaratan nilai pada raport minimal 70 (tujuh puluh) untuk setiap mata pelajaran (matematika, fisika, kimia, biologi) sejak semester I sampai dengan semester V atau setara dengan nilai rata-rata minimal 2,80 pada semester I-V. Bila nilai skala 1-4,maka harus dikonversi ke skala 0-100 sesuai peraturan yang berlaku
- Memiliki prestasi kejuaraan selama menempuh pendidikan di tingkat SMA (bila ada). Prestasi yang dimaksud adalah prestasi sebagai juara pada kegiatan tersebut, sertifikat sebagai peserta tidak dianggap sebagai prestasi.
- Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak mengalami gangguan pendengaran, tidak mengalami gangguan bicara, tidak memiliki cacat fisik.
- Tinggi badan dengan ketentuan sebagai berikut: (verifikasi tinggi badan
dilakukan pada saat uji
kesehatan yang dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes
Banjarmasin) :
- Jurusan keperawatan : Laki laki min. 155cm, Perempuan min. 150 cm
- Jurusan Kebidanan : min. 150 cm
- Jurusan Kesehatan Lingkungan, Gigi, Gizi, dan Analis Kesehatan : Laki-laki min.150cm, Perempuan : min. 145cm
- Persyaratan Khusus
Persyaratan khusus untuk pendaftar pada jalur beasiswa Keluarga Miskin (gakin) :
- Pendaftar yang sekolah di wilayah Kalimantan Selatan
- Pendaftar yang tinggal dan ber KTP Kalimantan Selatan
- Penghasilan orang tua maksimal Rp. 3.000.000,- / bulan
- Tempat tinggal menetap/permanen.
Kelengkapan dokumen adalah dokumen yang harus dipersiapkan dalam bentuk softcopy/scan untuk di upload pada aplikasi sipenmaru:
- Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang merah
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) ibu kandung
- Kartu Keluarga (KK)
- Bukti Pembayaran Pendaftaran (struk/slip setoran)
- Rapor semester I sampai semester V
- Surat pernyataan Kepala Sekolah untuk konversi nilai raport yang menggunakan skala 0.00 – 4.00 ke dalam bentuk angka / nilai dengan skala 0-100 (kurikulum 2013) Download disini
- Sertifikat/piagam kejuaraan yang diperoleh saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA/Sederajat
- Surat Pernyataan Kepala sekolah tentang nilai rapor dan prestasi yang di dapat saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA/Sederajat --> Download disini
- Sertifikat akreditasi sekolah berwarna atau copy yang sudah dilegalisir oleh Badan Akreditasi Sekolah/ Madrasah
- Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah
- Surat pernyataan yang di tanda tangani peserta diatas materai 10.000 dan diketahui orang tua/wali --> Download disini
- Surat Keterangan tidak mampu dari sekolah .
- Surat Keterangan tidak mampu dari RT dan kelurahan.
- Foto copy Kartu Keluarga yang telah dilegalisir oleh RT / Kelurahan / Kecamatan.
- Foto copy KTP orang tua yang telah dilegalisir oleh RT / Kelurahan / Kecamatan.
Khusus pendaftar pada jalur beasiswa Keluarga Miskin (gakin), persyaratan diatas ditambah dengan :
No | KEGIATAN | JADWAL |
---|---|---|
1 | Pendaftaran | 18 Januari - 30 Maret |
2 | Penilaian dan Pemeringkatan Portofolio | 1 - 12 April |
3 | Pengumuman Hasil Nominasi | 13 April |
4 | Uji Kesehatan | 19 - 30 April |
5 | Pengumuman Hasil Akhir (Tahap II) | 6 Mei |
6 | Registrasi dan Pemberkasan | 20 - 31 Mei |
7 | PKKMB dan Bela Negara | 5 - 9 Juli |
8 | Perkuliahan | 12 Juli |
Jadwal bersifat tentativ,
harap selalui memantau perubahan melalui halaman ini
Jurusan Kesehatan Lingkungan
- D.III Sanitasi
- Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan
- D.III Keperawatan
- Sarjana Terapan Keperawatan
- D.III Kebidanan
- D.III Gizi
- Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika
- D.III Kesehatan Gigi
- Sarjana Terapan Terapi Gigi
- D.III Teknologi Laboratorium Medis
- Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis
Biaya sesuai dengan
Peraturan
Pemerintah RI Nomor 64 tahun 2019 tentang
Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang Berlaku pada Kementerian
Kesehatan
Biaya pendaftaran sipenmaru jalur PMDP Poltekkes Kemenkes Banjarmasin tahun 2021-2022 sebagai berikut :
Pembayaran pendaftaran hanya dapat dilakukan pada bank Mandiri menggunakan nomor virtual account yang didapatkan setelah melakukan registrasi
Cara Pembayaran
- Cara Pembayaran via Teller Mandiri
- Membawa “Slip Pembayaran” yang telah dicetak ke Teller Mandiri
- Menuliskan Pengiriman uang di formulir multi pembayaran
- Menyebutkan tujuan Pembayaran, untuk pembayaran penerimaan mahasiswa baru Poltekkes Kemenkes Banjarmasinatau menyerahkan formulir multi pembayaran kepada Teller
- Membayar sesuai dengan nominal Biaya Pendaftaran
- Simpan Bukti Pembayaran
- Cara Pembayaran via ATM Mandiri
- Silahkan pilih menu “Bayar/Beli”
- Selanjutnya akan muncul tipe pembayaran seperti Multi Payment dan Bill Payment (PLN, PDAM, dll), untuk pembayaran VA pilih “Multi Payment”
- Masukkan nomor Virtual Account Anda (contoh: 8890802001287578) dan klik “Benar”
- Isikan nominal yang akan dibayarkan, kemudian tekan “Benar”
- Jangan lupa untuk memeriksa informasi yang tertera pada layar. Pastikan semua informasi dan total tagihan yang ditampilkan sudah benar. Jika benar, tekan angka 1 dan pilih “Ya”
- Periksa layar konfirmasi dan pilih “Ya” untuk melakukan pembayaran
- Bukti pembayaran dalam bentuk struk agar disimpan sebagai bukti pembayaran yang sah dari Bank Mandiri
- Transaksi Anda telah selesai
- Peserta melakukan registrasi pada aplikasi sipenmaru, peserta yang sudah registrasi akan mendapatkan nomor virtual account melalui e-mail yang digunakan untuk melakukan pembayaran melalui bank.
- Peserta melakukan pembayaran pendaftaran melalui bank dengan menggunakan nomor virtual account dan membayar sesuai jumlah tagihan yang tercantum. Peserta akan mendapatkan password yang akan muncul pada struk atau slip pembayaran
- Peserta melakukan pengisian keterangan identitas dan upload dokumen pada aplikasi sipenmaru dengan menggunakan nomor virtual account sebagai username dan password yang dicetak di struk/slip pembayaran sebagai password untuk masuk aplikasi
- Setelah peserta melakukan pengisian biodata dan upload dokumen, peserta dapat mengirim data tersebut untuk selanjutnya panitia akan melakukan proses seleksi administrasi. Setelah menekan tombol kirim, data akan dikunci dan peserta tidak dapat melakukan perubahan data lagi.