1. Warga Negara Indonesia.
  2. Siswa SMA/SMK/MA Sederajat yang mengikuti pendidikan (yang lulus tahun 2019).
  3. Nilai Tiap Mata Ajar (teori dan Praktik) min. 7 sejak Semester I s.d V.
  4. Pernah memperoleh rangking 10 besar sejak semester I s/d V.
  5. Hanya menerima pendaftar wilayah KALSEL.
  6. Memiliki prestasi dibidang akademik/kurikuler/Non Kurikuler (Lomba cerdas cermat, Olimpiade matematik, Lomba Karya Tulis Ilmiah), di bidang ekstrakulikuler antara lain kesenian dan olahraga .
  7. Institusi pendidikan sudah terakreditasi.
  8. Persyaratan khusus tinggi badan : (hasil Ukur Poltekkes).
    • Jur keperawatan : Laki laki min. 155cm, Perempuan min. 150 cm
    • Jurusan Kebidanan : min. 150 cm
    • Jurusan Kesling, Gigi, Gizi, Analis Kesehatan : Laki-laki min.150cm, Perempuan : min. 145cm
  9. Tidak cacat fisik dan tidak buta warna.
  1. Biaya Pendaftaran Rp 100.000,00( satu pilihan jurusan).
  2. Pas Photo 4 x 6 cm hitam putih 5 lembar.
  3. Foto copy nilai raport semester I s/d V yang dilegalisir & setiap nilai mata ajar (teori & praktik) tidak kurang dari 7 (peserta membawa dan memperlihatkan raport asli).
  4. Surat pernyataan Kepala Sekolah untuk nilai raport dalam bentuk huruf di konversi ke dalam bentuk angka/nilai (kurikulum 2013).
  5. Foto copy keterangan akreditasi sekolah yang sudah dilegalisir oleh Badan Akreditasi Sekolah/ Madrasah.
  6. Fotocopy sertifikat/surat keterangan Juara Kelas (peringkat 10 besar) dari sekolah yang dilegalisir.
  7. Fotocopy sertifikat/piagam penghargaan yang diperoleh saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA/Sederajat (kegiatan kurikuler : lomba karya tulis ilmiah, olimpiade matematika, lomba cerdas cermat, kegiatan ekstrakurikuler: olahraga, kesenian, dll) yang telah dilegalisir oleh sekolah.
  8. Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah.
  9. Surat Pernyataan Kepala sekolah tentang nilai rata-rata, rangking dan prestasi yang di dapat saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA/Sederajat (Download Disini).
  10. Surat pernyataan orangtua/wali tentang kesanggupan menanggung biaya selama mengikuti pendidikan, ditanda tangani di atas materai 6000 (Download Disini)
  11. Surat pernyataan kesungguhan/minat mengikuti pendidikan program studi yang dipilih & akan mentaati tata tertib yang berlaku di Poltekkes Kemenkes di tanda tangani peserta diatas materai 6000 dan diketahui orang tua/wali (Download Disini).
  12. Surat pernyataan tidak cacat fisik (Download Disini).
  13. Berkas pendaftaran dimasukan ke dalam map Snelhecter Folio (map berlubang) berwarna : Untuk Diploma III warna hijau, Diploma IV warna merah, GAKIN warna Kuning (cantumkan nama dibagian depan map).
alur pendaftaran pmdp
semua proses pendafaran jalur PMDP dilakukan secara offline dengan cara datang langsung ke Ruang ADAK Lt.2 Gedung Direktorat Poltekkes Kemenkes Banjarmasin
NoKEGIATAN JADWALTEMPAT
1  Pendaftaran  11 Februari - 1 Maret  Ruang Adak Gedung Direktorat
2  Pengumuman Hasil Verifikasi  12 Maret  sipenmaru.poltekkes-banjarmasin.ac.id
3  Uji Kesehatan  14 Maret  Jurusan Kebidanan
4  Pengumuman Hasil Uji Kesehatan  18 Maret  sipenmaru.poltekkes-banjarmasin.ac.id
5  Registrasi   25 - 29 maret  Ruang Adak Gedung Direktorat
- Dilaksanakan padi hari kerja (senin s/d jum'at)
 - Senin - Kamis jam 09:00 - 12:00 WITA | Jum'at jam 09:00 - 11:00 WITA
Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu dan hanya diumumkan melalui halaman website ini !!
  1. Surat Keterangan tidak mampu dari RT dan kelurahan.
  2. Foto copy Kartu Keluarga yang telah dilegalisir oleh RT / Kelurahan / Kecamatan.
  3. Foto copy KTP orang tua yang telah dilegalisir oleh RT / Kelurahan / Kecamatan.
  4. Surat Keterangan tidak mampu dari sekolah.

Jalur PMDP

Penelusuran Minat dan Prestasi

Jalur Uji Tulis

Seleksi Bersama Melalui Ujian Tulis

Jalur Mandiri

Seleksi Mandiri Poltekkes Kemenkes Banjarmasin