Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur PMDP Poltekkes Kemenkes Banjarmasin TA 2025/2026 User Rating: 5 / 5 Please Rate Vote 1 Vote 2 Vote 3 Vote 4 Vote 5 Persyaratan Calon Peserta Persyaratans Umum Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak sedang hamil, tidak mengalami gangguan pendengaran, tidak mengalami gangguan bicara, tidak memiliki cacat fisik, kondisi fisik tidak menggangu tugas sebagai tenaga kesehatan. Tinggi badan dengan ketentuan sebagai berikut: (verifikasi tinggi badan dilakukan pada saat uji kesehatan yang dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes Banjarmasin) : Jurusan Keperawatan : Laki laki min. 155cm, Perempuan min. 150 cm Jurusan Kebidanan : Perempuan min. 150 cm Jurusan Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kesehatan Gigi, dan Teknologi Laboratorium Medis : Laki-laki min.150cm, Perempuan : min. 145cm Persyaratan Khusus Warga Negara Indonesia Siswa SMA/MA kelas XII semua jurusan pada tahun ajaran 2024-2025 Siswa SMK kelas XII pada tahun ajaran 2024-2025 dengan jurusan yang relevan dengan program studi yang dipilih. No Program Studi yang Dipilih Persyaratan Jenis SMK 1 Diploma III Sanitasi Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan SMK Teknik SMK Kimia SMK Kesehatan 2 Diploma III Keperawatan Diploma III Keperawatan (Rintisan Kelas Internasional) Sarjana Terapan Keperawatan Sarjana Terapan Keperawatan (Rintisan Kelas Internasional) SMK Kesehatan 3 Diploma III Kebidanan Sarjana Terapan Kebidanan SMK Kesehatan 4 Diploma III Gizi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika SMK Kesehatan SMK Tataboga SMK Pariwisata SMK Pertanian 5 Diploma III Kesehatan Gigi Sarjana Terapan Terapi Gigi SMK Kesehatan 6 Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis SMK Kesehatan SMK Kimia SMK Farmasi Persyaratan nilai pada raport minimal 75 (tujuh puluh lima) pada rapor dengan skala 0-100 untuk setiap mata pelajaran mulai semester I sampai dengan semester V. Memiliki prestasi kejuaraan (juara 1, 2 atau 3) minimal tingkat kabupaten/kota selama menempuh pendidikan di tingkat SMA atau sertifikat sebagai anggota paskibraka minimal tingkat kabupaten atau sertifikat tahfiz al-qur'an (apabila ada). Akreditasi sekolah minimal B. Dinyatakan Lulus SMA/MA/SMK (bila sudah diterima). Surat Pernyataan Kepala sekolah tentang nilai rapor dan prestasi yang didapat saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA (formulir terlampir). Melampirkan Surat Pernyataan tidak akan mengundurkan diri jika lulus pada seleksi ini (formulir terlampir). Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan kegiatan lainnya, baik yang diselenggarakan di tingkat Poltekkes Kemenkes maupun yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga lain untuk mewakili sesuai bidang peminatan/bakatnya. Persyaratan Khusus Pendaftar Beasiswa Gakin Persyaratan khusus untuk pendaftar pada jalur beasiswa Keluarga Miskin (gakin) : Penghasilan orang tua maksimal Rp. 3.000.000,- / bulan Tempat tinggal menetap/permanen. Kelengkapan Dokumen No Dokumen Ketentuan Format Ukuran 1 Pas foto Berwarna terbaru dengan latar belakang merah (bukan hasil scan) ukuran 3x4 *.jpeg / *.jpg < 1 Mb 2 Kartu Keluarga (KK) Scan berwarna *.pdf < 1 Mb 3 Kartu Tanda Penduduk (KTP) pendaftar Scan berwarna *.pdf < 1 Mb 4 Kartu Tanda Penduduk (KTP) ibu kandung Scan berwarna *.pdf < 1 Mb 5 Bukti Bayar Scan struk/slip setoran pembayaran pendaftaran *.pdf < 1 Mb 6 Rapor semester I sampai semester V Scan seluruh halaman rapor dari semester I sampai semester V yang digabung menjadi 1 file. *.pdf < 2 Mb 7 Surat Keterangan Prestasi Siswa Scan Surat Pernyataan Kepala sekolah tentang nilai rapor dan prestasi yang di dapat saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA --> Download Formulir Petunjuk Pengisian Formulir *.pdf < 1 Mb 8 Sertifikat akreditasi sekolah Scan sertifikat akreditasi sekolah berwarna atau copy yang sudah dilegalisir oleh Badan Akreditasi Sekolah/ Madrasah *.pdf < 1 Mb 9 Sertifikat/penghargaan Scan seluruh sertifikat/piagam penghargaan kejuaraan yang diperoleh saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA (sejumlah yang tercantum dalam surat keterangan prestasi siswa) digabung menjadi 1 file - apabila tidak memiliki sertifikat/ piagam penghargaan kejuaraan, bagian ini bisa langsung dilewati *.pdf < 2 Mb 10 Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah Scan surat keterangan kelakuan baik dari sekolah *.pdf < 1 Mb 11 Surat pernyataan Scan surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri yang di tanda tangani peserta dan diketahui orang tua/wali. (diketik/ditulis tangan) --> Download Formulir *.pdf < 1 Mb Khusus pendaftar pada jalur beasiswa Keluarga Miskin (gakin), persyaratan diatas ditambah dengan : No Dokumen Ketentuan Format dan ukuran 1 Surat Keterangan tidak mampu dari sekolah dan Kartu Indonesia Pintar (jika ada) Scan surat Keterangan tidak mampu dari sekolah Digabung menjadi 1 file berformat *.pdf dengan ukuran < 1 Mb 2 Scan Surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan/desa. Scan surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan/desa (surat keterangan harus ditanda tangani langsung oleh lurah/kepala desa) 3 Foto copy Kartu Keluarga Scan Foto copy Kartu Keluarga yang telah dilegalisir oleh Kelurahan / Desa 4 Foto copy KTP orang tua Scan Foto copy KTP orang tua yang telah dilegalisir oleh Kelurahan / Desa Biaya Pendaftaran Biaya Pendaftaran : Rp.50.000,- Pembayaran pendaftaran dapat dilakukan di seluruh BANK menggunakan nomor virtual account yang didapatkan melalui email masing-masing setelah melakukan registrasi. Tata Cara Pembayaran Tata Cara Pendaftaran Peserta melakukan registrasi pada aplikasi sipenmaru, peserta yang sudah registrasi akan mendapatkan nomor virtual account melalui e-mail yang digunakan untuk melakukan pembayaran melalui bank. Peserta melakukan pembayaran pendaftaran melalui bank dengan menggunakan nomor virtual account dan membayar sesuai jumlah tagihan yang tercantum. Peserta akan mendapatkan password yang akan muncul pada struk atau slip pembayaran Peserta melakukan pengisian keterangan identitas dan upload dokumen pada aplikasi sipenmaru dengan menggunakan nomor virtual account sebagai username dan password yang dicetak di struk/slip pembayaran sebagai password untuk masuk aplikasi Setelah peserta melakukan pengisian biodata dan upload dokumen, peserta dapat mengirim data tersebut untuk selanjutnya panitia akan melakukan proses seleksi administrasi. Setelah menekan tombol kirim, data akan dikunci dan peserta tidak dapat melakukan perubahan data lagi. Jadwal dan Tahapan Pendaftaran No Kegiatan Jadwal 1 Pendaftaran dan Pengisian Portofolio 1 – 28 Februari 2025 2 Verifikasi dokumen, Penilaian dan Pemeringkatan Portofolio 3 – 7 Maret 2025 3 Pengumuman Hasil Nominasi 8 Maret 2025 4 Uji Kesehatan dan Verifikasi Hasil Uji Kesehatan 10 – 15 Maret 2025 5 Pengumuman Hasil Nominasi Akhir 19 Maret 2025 7 Registrasi dan Pemberkasan 24 – 28 Maret 2025 Jadwal bersifat tentativ, harap selalui memantau perubahan melalui halaman ini Akreditasi Program Studi No Jurusan Program Studi Akreditasi 1 Kesehatan Lingkungan 1 Diploma III Sanitasi Unggul 2 Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan Unggul 2 Keperawatan 3 Diploma III Keperawatan Baik Sekali 4 Sarjana Terapan Keperawatan Baik Sekali 3 Kebidanan 5 Diploma III Kebidanan Unggul 6 Sarjana Terapan Kebidanan Baik Sekali 4 Gizi 7 Diploma III Gizi Baik Sekali 8 Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika Baik Sekali 5 Kesehatan Gigi 9 Diploma III Kesehatan Gigi Baik Sekali 10 Sarjana Terapan Terapi Gigi Baik Sekali 6 Teknologi Laboratorium Medis 11 Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Unggul 12 Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis Unggul Ketentuan Lain Peserta harus dinyatakan LULUS SMA/MA/SMK (bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan kesehatan), bila ternyata tidak Lulus SMA/MA/SMK maka kelulusan seleksi peserta dianggap GUGUR. Daftar Sekarang Cara Pendaftaran