1. Persyaratan Umum
    1. Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak sedang hamil, tidak mengalami gangguan pendengaran, tidak mengalami gangguan bicara, tidak memiliki cacat fisik, kondisi fisik tidak menggangu tugas sebagai tenaga kesehatan.
    2. Tinggi badan dengan ketentuan sebagai berikut: (verifikasi tinggi badan dilakukan pada saat uji kesehatan yang dilaksanakan oleh Poltekkes Kemenkes Banjarmasin) :
      1. Jurusan Keperawatan : Laki laki min. 155cm, Perempuan min. 150 cm
      2. Jurusan Kebidanan : Perempuan min. 150 cm
      3. Jurusan Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kesehatan Gigi, dan Teknologi Laboratorium Medis : Laki-laki min.145cm, Perempuan : min. 145cm
  2. Persyaratan Khusus
    1. Warga Negara Indonesia
    2. Siswa SMA/MA kelas XII semua jurusan pada tahun ajaran 2024/2025
    3. Siswa SMK kelas XII pada tahun ajaran 2024/2025 dengan jurusan yang relevan dengan program studi yang dipilih.

      No

      Program Studi yang Dipilih

      Persyaratan Jenis SMK

      1

      Diploma III Sanitasi

      Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan

      SMK Teknik

      SMK Kimia

      SMK Kesehatan

      SM Teknik Industri

      2

      Diploma III Keperawatan

      Diploma III Keperawatan (Rintisan Kelas Internasional)

      Sarjana Terapan Keperawatan

      Sarjana Terapan Keperawatan (Rintisan Kelas Internasional)

      SMK Kesehatan

      3

      Diploma III Kebidanan

      Sarjana Terapan Kebidanan

      SMK Kesehatan

      4

      Diploma III Gizi

      Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika

      SMK Kesehatan

      SMK Tataboga

      SMK Pariwisata

      SMK Pertanian

      5

      Diploma III Kesehatan Gigi

      Sarjana Terapan Terapi Gigi

      SMK Kesehatan

      SMK Dental Asisten

      6

      Diploma III  Teknologi Laboratorium Medis

      Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis

      SMK Kesehatan

      SMK Kimia

      Sekolah Menengah Analis Kesehatan

      SMA Teknik Industri

      SMK Analis Kesehatan

    4. Persyaratan nilai pada raport minimal 75 (tujuh puluh lima) pada rapor dengan skala 0-100 untuk setiap mata pelajaran mulai semester I sampai dengan semester V.
    5. Memiliki prestasi kejuaraan (juara 1, 2 atau 3) minimal tingkat kabupaten/kota selama menempuh pendidikan di tingkat SMA/Sederajat atau sertifikat sebagai anggota paskibraka minimal tingkat kabupaten atau sertifikat tahfiz al-qur'an (apabila ada).
    6. Akreditasi sekolah minimal B. Khusus untuk daerah DTPK/3T akreditasi Sekolah minimal C.
    7. Dinyatakan Lulus SMA/MA/SMK (bila sudah diterima).
    8. Surat Pernyataan Kepala sekolah tentang nilai rapor dan prestasi yang didapat saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA (formulir terlampir).
    9. Melampirkan Surat Pernyataan (formulir terlampir).
    10. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bersedia mengikuti Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan kegiatan lainnya, baik yang diselenggarakan di tingkat Poltekkes Kemenkes maupun yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga lain untuk mewakili sesuai bidang peminatan/bakatnya.

No

Dokumen

Ketentuan

Format

Ukuran

1

Pas foto

Berwarna terbaru dengan latar belakang merah (bukan hasil scan) ukuran 3x4

*.jpeg / *.jpg

< 1 Mb

2

Kartu Keluarga (KK)

Scan berwarna

*.pdf

< 1 Mb

3

Kartu Tanda Penduduk (KTP) pendaftar

Scan berwarna

*.pdf

< 1 Mb

4

Kartu Tanda Penduduk (KTP)  ibu kandung / Ayah Kandung

Scan berwarna

*.pdf

< 1 Mb

5

Bukti Bayar

Scan struk/slip setoran pembayaran pendaftaran

*.pdf

< 1 Mb

6

Rapor semester I sampai semester V

Scan seluruh halaman rapor dari semester I sampai semester V yang digabung menjadi 1 file.

*.pdf

< 2 Mb

7

Surat Keterangan Prestasi Siswa

Scan Surat Pernyataan Kepala sekolah tentang nilai rapor dan prestasi yang di dapat saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA --> Download Formulir Petunjuk Pengisian Formulir

*.pdf

< 1 Mb

8

Sertifikat akreditasi sekolah

Scan sertifikat akreditasi sekolah berwarna atau copy yang sudah dilegalisir oleh Badan Akreditasi Sekolah/ Madrasah

*.pdf

< 1 Mb

9

Sertifikat/penghargaan

Scan seluruh sertifikat/piagam penghargaan kejuaraan yang diperoleh saat mengikuti pendidikan di SMA/SMK/MA (sejumlah yang tercantum dalam surat keterangan prestasi siswa) digabung menjadi 1 file

*.pdf

< 2 Mb

10

Surat keterangan kelakuan baik dari sekolah

Scan surat keterangan kelakuan baik dari sekolah

*.pdf

< 1 Mb

11

Surat pernyataan

Scan surat pernyataan yang di tanda tangani peserta dan diketahui orang tua/wali. (diketik/ditulis tangan) --> Download Formulir

*.pdf

< 1 Mb

12

Surat pernyataan Tidak Memiliki Sertifikat/Penghargaan (jika tidak memiliki sertifikat/penghargaan)

Scan Surat Pernyataan yang di tanda tangani peserta dan diketahui kepala sekolah . (diketik/ditulis tangan) --> Download Formulir

*.pdf

< 1 Mb

Khusus pendaftar yang menginginkan beasiswa Keluarga Miskin (gakin) / Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), persyaratan diatas ditambah dengan :

No

Dokumen

Ketentuan

Format dan ukuran

1

Surat Keterangan tidak mampu dari sekolah dan Kartu Indonesia Pintar (jika ada)

Scan surat Keterangan tidak mampu dari sekolah

Digabung menjadi 1 file berformat *.pdf dengan ukuran < 1 Mb

2

Scan Surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan/desa.

Scan surat Keterangan tidak mampu dari kelurahan/desa (surat keterangan harus ditanda tangani langsung oleh lurah/kepala desa)

3

Foto copy Kartu Keluarga

Scan Foto copy Kartu Keluarga yang telah dilegalisir oleh Kelurahan / Desa

4

Foto copy KTP orang tua

Scan Foto copy KTP kedua orang tua yang telah dilegalisir oleh Kelurahan / Desa

5

Surat Keterangan belum Menikah / Berkeluarga

Scan Surat Keterangan belum Menikah / Berkeluarga oleh Kelurahan / Desa

Note : Kuota beasiswa bagi Keluarga Miskin (Gakin) / Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) diberikan terbatas kepada 5 mahasiswa per program studi, sesuai dengan hasil pemeringkatan yang dilakukan oleh panitia

Biaya Pendaftaran : Rp.50.000,-


Pembayaran pendaftaran dapat dilakukan di seluruh BANK menggunakan nomor virtual account yang didapatkan melalui email masing-masing setelah melakukan registrasi.


Tata Cara Pembayaran

Proses Pendaftaran Mahasiswa Baru

1. Registrasi Awal

  • Calon mahasiswa harus memiliki ID Pendaftaran dan PIN untuk mengakses Portal SPMB.
  • ID Pendaftaran dan PIN dapat diperoleh dengan melakukan registrasi pada laman SPMB Polkessin.
  • Pilih program studi yang tersedia, lalu:
    • Klik “Detail” untuk melihat biaya pendaftaran.
    • Klik “Daftar Sekarang” untuk melanjutkan pendaftaran.
  • Persyaratan dan jadwal akan ditampilkan sesuai program studi yang dipilih.

2. Pengisian Biodata & Pembayaran

  • Klik “Lanjutkan Mendaftar” untuk mengisi biodata.
  • Setelah selesai, beri centang pada persetujuan, lalu klik “Lanjutkan Mendaftar” untuk pembayaran.
  • Pilih metode pembayaran, lalu klik “Bayar”.
  • Setelah pembayaran:
    • ID Pendaftaran, PIN, dan Nomor Virtual Account akan muncul.
    • Informasi ini juga dikirim ke email peserta. Harap periksa email untuk memastikan penerimaan data tersebut.

3. Akses Portal SPMB & Pengisian Dokumen

  • Setelah pembayaran berhasil, login ke Portal SPMB dengan ID Pendaftaran dan PIN.
  • Lakukan pengisian biodata lanjutan dan unggah dokumen persyaratan.
  • Klik “Kumpulkan Data” untuk menyelesaikan pendaftaran.
  • Setelah data dikumpulkan, biodata tidak dapat diubah.

No

Kegiatan

Jadwal

1

Pendaftaran dan Pengisian Portofolio

1 – 28 Februari 2025

2

Verifikasi dokumen, Penilaian dan Pemeringkatan Portofolio

3 – 7 Maret 2025

3

Pengumuman Hasil Nominasi

8 Maret 2025

4

Uji Kesehatan dan Verifikasi Hasil Uji Kesehatan

10 – 15 Maret 2025

5

Pengumuman Hasil Nominasi Akhir

19 Maret 2025

7

Registrasi dan Pemberkasan

24 – 28 Maret 2025

 
Jadwal bersifat tentativ, harap selalui memantau perubahan melalui halaman ini

No

Jurusan

Program Studi

Akreditasi

1

Kesehatan Lingkungan

1

Diploma III Sanitasi

Unggul

2

Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan

Unggul

2

Keperawatan

3

Diploma III Keperawatan

Unggul

4

Sarjana Terapan Keperawatan

Baik Sekali

3

Kebidanan

5

Diploma III Kebidanan

Unggul

6

Sarjana Terapan Kebidanan

Baik Sekali

4

Gizi

7

Diploma III Gizi

Baik Sekali

8

Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika

Baik Sekali

5

Kesehatan Gigi

9

Diploma III Kesehatan Gigi

Unggul

10

Sarjana Terapan Terapi Gigi

Baik Sekali

6

Teknologi Laboratorium Medis

11

Diploma III  Teknologi Laboratorium Medis

Unggul

12

Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis

Unggul

Peserta harus dinyatakan LULUS SMA/MA/SMK (bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan kesehatan), bila ternyata tidak Lulus SMA/MA/SMK maka kelulusan seleksi peserta dianggap GUGUR.

Untuk bantuan cara pembayaran silakan akses halaman bantuan SevimaPay. silahkan bergabung dengan telegram kami untuk pusat bantuan, pertanyaan dan update informasi seputar Penerimaan Mahasiswa Baru melalui : Gabung di Grup Telegram

Aplikasi Online

alat

 

Poltekkes

alat

simas

sister

e learning

e library

e library