Orientasi merupakan kegiatan pembekalan yang wajib diikuti oleh CPNS dan PPPK untuk membentuk sosok ASN yang profesional. Kegiatan ini bertujuan agar CPNS dan PPPK dapat memahami organisasi dan tata kerja, fungsi dan kewenangan, program kerja dan kegiatan, serta nilai-nilai budaya kerja baik Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan/Unit Kerja Penempatan/pelaksanaan praktik kerja sesuai jabatan, serta dapat mengenal ruang lingkup pekerjaan dan manajemen baik di Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan/Unit Kerja Penempatan/pelaksanaan praktik kerja sesuai jabatan. Berikut adalah tahapan orientasi yang harus lalui:

  1. Orientasi program direktorat jenderal tenaga kesehatan, dilaksanakan selama 2 hari, yaitu tanggal 1 dan 4 April 2022. Kegiatan ini dilakukan secara daring.
  2. Orientasi program unit kerja penempatan, Orientasi yang dilaksanakan oleh satuan kerja yaitu di Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, yaitu tanggal 5-8 April 2022. Kegiatan ini dilakukan secara luring di Auditorium dengan tetap memperhatikan protokol
  3. Orientasi pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi bagi CPNS Dosen/praktik kerja bagi CPNS Dan PPPK non dosen. Orientasi yang dilakukan sesuai jabatan fungsional, yaitu pada tanggal 11-29 April 2022. Kegiatan ini dilakukan secara luring.

Selanjutnya, CPNS wajib mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar (LATSAR) yang merupakan pondasi para CPNS sebelum menjalani tugas dan jabatannya. Berikut adalah tahapan latsar cpns kemenkes tahun 2021 yang harus dilewati.

  1. Massive Open Online Course (MOOC), merupakan komponen pertama pada latsar CPNS yaitu Pelatihan Mandiri secara Daring melalui aplikasi. Lama kegiatan ini adalah 16 hari.
  2. Distance Learning E-Learning. Distance Learning atau pelatihan jarak jauh dengan menggunakan media video conference yaiu zoom. Pada tahap ini CPNS membuat rancangan aktualisasi sesuai dengan tupoksi jafung masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan selama 22 hari.
  3. Distance Learning Aktualisasi. Distance Learning atau pelatihan jarak jauh terdiri aktualisasi di tempat kerja. Kegiatan ini dilaksanakan selama 30 hari.
  4. Pembelajaran klasikal adalah tahap dimana CPNS melakukan pembelajaran di kelas. Hal ini bertujuan untuk mencapai kompetensi yang tidak dicapai dalam pembelajaran secara daring. Pada tahap ini CPNS harus melaksanakan sidang akhir dari aktualisasi yang telah dirancang sebelumnya dimana akan dipresentasikan di hadapan coach dan mentor. Pembelajaran klasikal dilaksanakan di Lembaga Pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari. Untuk CPNS di satuan kerja Poltekkes Kemenkes Banjarmasin kegiatan ini akan dilaksanakan di Bapelkes Cikarang.

Artikel Terkait

Aplikasi Online

Bergabung bersama kami dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Kemenkes Banjarmasin

Info Pendaftaran

0811-507-600